Sehat & Bugar Selama Berpuasa

nutritionAlhamdulillah,, Bulan Ramadhan yang dinanti telah tiba,saat nya untuk kita membersihkan diri. Puasa di bulan Ramadhan  yang wajib dilakukan oleh  umat muslim ternyata menyimpan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Selain sebagai ibadah, puasa juga membantu tubuh untuk melakukan detoksifikasi mengeluarkan racun atau toksin dalam tubuh.

  1. Saat puasa tubuh akan secara alami melakukan detoksifikasi untuk mengeluarkan racun/toksin dan kotoran dari dalam tubuh. Ketika lambung kosong, proses pencernaan makanan akan lebih optimal jadi tubuh tidak akan menyimpan sisa-sisa makanan yang tidak lagi diperlukan tubuh. Selain itu lambung yang kosong memiliki tingkat keasaman yang cukup untuk membunuh bakteri berbahaya seperti Helycobacter pylori.
  2. Menurut Ilmuwan di bidang neurologi yang bernama Mark Mattson, Ph.D., di NIH’s National Institute on Aging. Melakukan diet yang tepat seperti puasa dapat melindungi otak dari penyakit degeneratif. Dalam hasil penelitiannya menunjukkan bahwa diet dengan membatasi masukan kalori 30% sampai 50% dari tingkat normal, berdampak pada menurunnya denyut jantung dan tekanan darah, dan sekaligus peremajaan sel-sel otak.
  3. Puasa, memberikan waktu bagi alat pencernaan untuk beristirahat. Dengan demikian akan mencegah penyakit yang timbul akibat pola makan berlebihan. Konsumsi makanan yang berlebihan seperti makanan cepat saji yang tinggi lemak dan rendah serat, dapat meningkatkan faktor resiko terjadinya penyakit degeneratif seperti kolesterol tinggi, trigliserida tinggi, jantung koroner, stroke dan diabetes mellitus. Jika frekuensi ngemil berkurang maka dapat membantu menurunkan berat badan meski tidak signifikan.
  4. Pada saat berpuasa organ tubuh berada pada posisi relaks, sehingga mempunyai kesempatan untuk memperbaharui sel, meremajakan sel-sel tubuh dan mengganti sel-sel tubuh yang rusak dengan yang baru.  Selain itu umumnya kita akan lebih belajar bersabar dan menahan amarah saat bepuasa. Hal ini tentunya akan membuat hormon berjalan normal dan membuat hari-hari kita menjadi tenang dan damai.

Namun, tak jarang puasa seringkali dijadikan alasan untuk lemas ataupun malas malas bekerja. Padahal pada kenyataannya puasa justru menyehatkan kita lho, ini adalah saat yang tepat untuk melakukan service tubuh kita terutama sistem pencernaan. Nah, mau tahu bagaimana tips supaya tetap sehat dan bugar selama berpuasa??? Yukz ikuti tipsnya,,,,

  1. Cukupi kebutuhan cairan, dengan minum sekitar 8-10 gelas per hari. Minum yang cukup pada malam hari juga berguna  untuk mencukupi kebutuhan cairan. So, jangan lupa ya untuk minum saat sahur dan berbuka untuk mencegah terjadinya dehidrasi tubuh terutama saat siang.
  2. Sahur semestinya menjadi waktu yang baik untuk memberikan  asupan yang cukup untuk tubuh dalam menjalankan ibadah puasa. Namun tak jarang kita sering telat bangun sahur atau malas makan karena godaan kantuk. Pilihan makanan dan minuman yang tepat saat sahur dapat membuat tubuh kita bugar selama berpuasa. Konsumsi sayuran dan buah untuk mencukupi kebutuhan serat dan mecegah konstipasi selama puasa. Makanan dengan serat tinggi dapat bertahan lama dalam sistem pencernaan dan dapat mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Bagi yang memiliki gangguan lambung (maag) hindarilah makanan yang terlalu pedas dan bergas saat sahur seperti sayuran kol, sawi, buah nangka, pisang ambon dan juga minuman bersoda.
  3. Istirahat, sempatkan diri tidur siang untuk menyegarkan kembali tubuh Anda dan tidak harus dalam waktu yang lama. Menurut Hiromi Shinya tidur sejenak selama 5 menit dapat memulihkan tenaga, mengembalikan fungsi-fungsi tubuh yang sudah lemah, seperti aliran darah, aliran getah bening, sistem saraf, dan sekresi internal kembali normal. Pilihlah tempat yang nyaman dan usahakan posisi relaks supaya istirahat siang Anda maksimal.
  4. Supaya tetap bugar, olah raga selama bulan ramadhan masih bisa dilakukan. Namun pilihlah olah raga yang ringan seperti jalan kaki dan  tentunya pilih waktu yang tepat ya, misalnya satu atau setengah jam sebelum berbuka.
  5. Saat berbuka puasa, baiknya makanlah secara bertahap jangan langsung banyak ya. Bisa kita mulai dengan makanan yang ringan, manis, berserat, mengandung cukup vitamin, mineral dan karbohidrat. Anda mungkin bisa mulai dari kurma, selain rasanya yang manis kurma mengandung karbohidrat komplek yang tidak secara cepat menaikkan kadar gula darah. Kandungan karbohidrat dan seratnya baik untuk mengembalikan energi. Kurma juga mengandung vitamin seperti Vitamin A, thiamin, riboflavin, zat besi dan Vitamin B serta mineral magnesium dan kalium.

Nikmatnya Berpuasa,,, Nah buat yang sering punya masalah kesehatan pencernaan selama puasa jangan khawatir. Konsumsi Sun Hope Enzymes 1 sachet sebelum sahur, untuk membantu menstabilkan kadar asam lambung. Lengkapi kesempurnaan sahur Anda dengan food supplement 2 softgel Sun Hope Mega Formula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *