‘SADARI’ sekarang juga!!! Kenali Kanker Payudara

Kanker merupakan penyakit yang paling berbahaya dan sering berujung pada kematian.  Kanker yang paling ditakuti oleh wanita salah satunya adalah kanker payudara. Meskipun banyak terjadi pada wanita tetapi kanker ini juga bisa menyerang para pria dengan kemungkinan yang sangat kecil. Kanker payudara adalah tumor ganas yang tumbuh di dalam jaringan payudara. Kanker bisa mulai tumbuh di dalam kelenjar susu, saluran susu, jaringan lemak maupun jaringan ikat pada payudara. Hal yang penting dalam pencegahan Kanker payudara adalah deteksi awal dan pengurangan resiko.

 

Untuk Anda yang peduli kenali tanda tandanya:

  1. Ada benjolan pada payudara yang keras dan permanen
  2. Benjolan pada payudara berubah bentuk atau ukuran
  3. Kulit payudara berubah warna (dari merah muda menjadi coklat hingga seperti kulit jeruk)
  4. Kulit payudara terasa seperti terbakar
  5. Penebalan kulit disekitar ketiak
  6. Puting susu masuk ke dalam (retraksi)
  7. Salah satu puting susu tiba tiba lepas/hilang
  8. Bila tumor sudah besar, muncul rasa sakit yang hilang timbul
  9. Payudara mengeluarkan darah atau cairan yang lain (dalam keadaan tidak menyusui)

Nah, bagaimanakah kita mengetahui tandanya??? Ini dia pentingnya ‘SADARI’ (Periksa Payudara Sendiri) sekarang juga,,, Yuk ikuti langkahnya..

 

Langkah 1

Berdirilah di depan cermin dengan posisi pundak tegap dan kedua tangan di pinggang. Mulailah melihat payudara Anda dari ukuran, bentuk, dan warna yang biasa Anda ketahui. Payudara dengan bentuk sempurna tanpa perubahan bentuk dan pembengkakan.

 

Langkah 2

Langkah selanjutnya adalah angkatlah tangan Anda dan amati jika ada perubahan perubahan pada langkah pertama.

 

Langkah 3

Selanjutnya saat bercermin amatilah apakah ada cairan yang keluar dari puting (cairan bening seperti susu, berwarna kuning, atau bercampur darah).

 

Langkah 4

Berikutnya, rasakan payudara Anda dengan cara berbaring. Gunakan tangan kanan untuk merasakan payudara kiri, begitu sebaliknya. Gunakan pijatan pelan namun mantap (tapi bukan keras) dengan tiga ujung jari (telunjuk, tengah, dan manis). Jaga posisi ujung jari datar terhadap permukaan payudara. Saat meraba lakukan secara lembut dengan gerakan memutar searah jarum jam. Lakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Raba payudara dari atas ke bawah samping ke samping.

Langkah 5

Terakhir, rasakan payudara anda saat anda berdiri atau duduk atau saat anda mandi karena bagi sebagian wanita, merasa lebih mudah memijat saat kulit payudara dalam keadaan basah dan licin. Lakukan dengan gerakan yang sama seperti dijelaskan dalam langkah 4.

 

Ladies!!!Faktor penyebab pasti terjadinya kanker payudara belum diketahui. Oleh karena itu pencegahan secara dini penting diketahui oleh para wanita. Penyebab terjadinya suatu kanker sering dikaitkan dengan faktor lingkungan seperti polusi, bahan kimia, dan virus, serta faktor gizi yang buruk pada makanan yang dimakan (bahan makanan yang mengandung karsinogen, konsumsi makanan tinggi lemak dan rendah serat). Untuk itu bagi wanita perubahan gaya hidup, diet yang sehat, olah raga, dan penurunan berat badan dapat membantu mengurangi kemungkinan kanker payudara.  Konsumsi sayur sayuran dan buah-buahan, kurangi makan daging yang terlalu lama dimasak, konsumsi antioksidan yang cukup seperti vitamin E dan C, serta menghindari rokok serta minuman beralkohol. Sayuran merupakan sumber vitamin A, vitamin C, asam folat, magnesium, kalium, dan serat, serta tidak mengandung lemak dan kolesterol.

Nah buat Ladies nih yang gak suka makan sayur atau gak sempat makan sayur,,, lengkapi kebutuhan serat sayuran dengan Sun Hope SpirulinaPlus. SpirulinaPlus kombinasi lengkap makanan hijau yang kaya akan phytonutrient, antioksidan, betakaroten,  serta vitamin dan mineral yang lengkap. Selain itu Sun Hope Nature’s SOD, mengandung lebih dari 1 juta unit enzim antioksidan alami. Enzim antioksidan utama dalam tubuh untuk memberantas radikal bebas sebelum antioksidan sekunder. Diperoleh dari 100% tunas gandum alami yang ditanam secara organic. Konsumsi Nature’s SOD 2 kaplet per hari untuk membantu memperlambat proses penuaan dini, dan mencegah kanker, penyakit degeneratif, serta memelihara kesehatan dan kecantikan kulit.

Pada wanita normal, American Cancer Society menganjurkan wanita yang berusia diatas umur 20 tahun untuk melakukan SADARI setiap tiga bulan. So Ladies,,,Buat kamu yang sudah menginjak usia 20 tahun yuk saatnya mulai belajar periksa payudara sendiri. Lakukan SADARI secara rutin untuk dapat mengenali payudara Anda sendiri. Oh ya!! kapan waktu yang baik untuk SADARI???,,,  Buat wanita yang masih mengalami menstruasi, waktu yang paling tepat untuk melakukan SADARI adalah 7-10 hari sesudah hari 1 menstruasi. Bagi wanita pasca menopause, SADARI bisa dilakukan kapan saja, tetapi secara rutin dilakukan setiap bulan. Jika menemukan suatu yang berbeda dari biasanya gak ada salahnya segera konsultasi ke Dokter. Mencegah lebih baik daripada mengobati, periksa dan kenali payudara Anda sendiri. Semoga bermanfaat. *Berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *