Jangan Rusak “Mesin” Pencernaan Mu

Pernahkah anda membayangkan sepiring nasi yang anda makan ternyata menempuh perjalanan yang begitu jauh dari mulai mulut kemudian berakhir di anus. Panjang saluran pencernaan manusia kira-kira 10 meter atau sekitar 6-7 kali dari tinggi badan anda. Jika sistem pencernaan kita diibaratkan sebagai  “mesin”. Dan anda terus menggunakan mesin yang sama selama hidup anda. Lalu pertanyaannya, pernahkan anda melakukan “service” atau perawatan saluran pencernaan anda??. Jika kendaraan yang tidak selalu anda gunakan saja perlu dicek secara berkala atau minimal diganti oli.  Bagaimana dengan nasib “mesin” pencernaan anda???

                Makanan yang masuk ke tubuh, sebenarnya ibarat bahan bakar yang berfungsi untuk menyokong pertumbuhan dan perkembangan tubuh anda. Namun sayangnya kini, kualitas makanan  hanya ditentukan atas indikator kenyang tanpa melihat nilai gizinya. Kontan saja, “mesin” pencernaan tubuh anda akan kewalahan dan berteriak kesakitan. Tapi kita sebagai empunya “mesin” seringkali tidak mendengar “jeritannya”. Masalah pada saluran pencernaan seperti sembelit, gastirits (maag), dispepsia, diare, infeksi pada saluran pencernaan dan lain lain adalah masalah yang sering terjadi namun sering dianggap sepele. Padahal, tahukah anda?? menurut Hiromi Shinya, MD, jika sistem pencernaan tidak bersih, orang tersebut akan rentan menderita suatu penyakit yang pada akhirnya akan menguras enzim tubuh anda. Jika enzim tubuh anda berkurang, maka dapat dipastikan akan terjadi kekacauan di dalam tubuh anda seperti timbulnya masalah diabetus mellitus, asam urat, stroke dan lain sebagainya.

 

Hati-Hati Enzim-mu Bisa Berkurang….!!!

 

Sejatinya makanan yang masuk ke dalam tubuh kita bukan hanya harus memenuhi rasa kenyang semata. Alih-alih sebagai sumber energi dan zat gizi lainnya yang diperlukan untuk menunjang kesehatan tubuh manusia, makanan kini justru menjadi “sampah” yang sangat miskin “unsur hara”. Ironis memang makanan yang kini kita konsumsi seringkali menjadi penyebab berbagai penyakit yang pada ujungnya akan menggerogoti sistem perncernaan. Hiprocrates yang dikenal sebagai Bapak Kedokteran Modern bahkan mengatakan “let your food be your medicine, your medicine be your food” atau “Jadikan makananmu sebagai obat, obatmu sebagai makanan”.

Pada saat potensi enzim telah habis, hidup tubuh itu pun berakhir (Dr. Edward Howell) . Bukan rahasia lagi jika keberadaan enzim dalam tubuh manusia sangat dibutuhkan. Namun bagaimana dengan jumlahnya ??. Berdasarkan penelitian Hiromi Shinya, MD  ternyata jumlah enzim dalam tubuh manusia tidak selalu tetap. Berkurangnya enzim sangat mungkin terjadi terutama pada golongan orang tua, orang dengan penyakit kronis, stress  yang akhirnya dapat membunuh dan merusak sel, makanan yang miskin zat gizi serta pencemaran lingkungan. Jika enzim dalam tubuh habis, maka kacaulah keseimbangan fungsi tubuh kita dan jika terus didiamkan maka akan berakhir pula hidup manusia.

 

Menjadi Sehat itu Mudah……

 

Menjadi sehat tentu saja harapan setiap orang. Tidak sulit sebenarnya  untuk menjadi sehat, hanya saja seringkali kita terlena oleh rasa malas dan kepraktisan fasilitas.  Berikut tips bagaimana menjaga kesehatan (saluran pencernaan) anda menurut Hiromi Shinya, MD :

 

  1. 1.       Menu makanan yang baik

Komposisi makanan yang baik paling tidak sebaiknya mengandung 80-90% nabati seperti yang berasal dari biji-bijian, 30% dari sayuran, 5-10% dari buah. Protein hewani cukup 10-15% saja. Selain itu, kunyahlah makanan sebanyak kurang lebih 30 kali, untuk menghemat penggunaan enzim.

  1. Air sangat penting untuk kesehatan

Oleh karena itu jangan lupa untuk minum air putih 6-10 gelas per hari. Serta minum 1-3 gelas air sehabis bangun tidur dan 2-3 gelas sebelum makan.

  1. 3.       Pembuangan yang teratur

Mulailah dengan rutin membersihkan usus anda setiap hari. Hal yang dapat dilakukan antara lain dengan cukup mengkonsumsi makanan yang mengandung serat dan minum air yang cukup.

  1. 4.       Olahraga yang cukup

Jenis dan lamanya waktu berolahraga harus disesuaikan dengan kondisi fisik masing-masing orang. Olahraga yang berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan. Adapaun jenis olahraga yang cukup baik untuk dilakukan antara lain berjalan kaki, berenang, bersepeda, penguatan otot, bela diri dan aerobik.

  1. 5.       Olah pernafasan dan meditasi

Olah pernafasan yang baik dipercaya mampu menyingkirkan radikal bebas dari dalam tubuh manusia. Salah satu jenis olah pernafasan dan meditasi yang paling mudah adalah dengan melakukan ibadah yang khusus sehingga pikiran menjadi ebih tenang.

  1. 6.       Istirahat yang cukup

Isitirahat yang cukup sangat penting untuk menjaga keseimbangan tubuh. Usahakan tidur sesegera mungkin di malam hari dan hindari makan malam sekitar 4-5 jam sebelum tidur. Selain itu, tidur siang 5 menit-1 jam juga baik untuk menjaga kebugaran tubuh.

  1. 7.       Kebahagian dan Cinta

Kebahagian dan cinta ternyata dapat meningkatkan jumlah dan fungsi enzim dalam tubuh. Oleh karena itu, hadapilah hidup dengan bergairah, semangat dan positif.

 

Jangan Alergi dengan Suplemen

 

                 Sering kali banyak orang ragu dan takut untuk mengkonsumsi suplemen. Padahal suplemen jelas BERBEDA dengan obat!. Menurut Karyadi (1997), Suplemen merupakan makanan yang mengandung zat gizi dan non gizi (serat dll) , bisa dalam bentuk kapsul, kapsul lunak (softgel), tablet, bubuk atau cairan yang fungsinya sebagai pelengkap kekurangan zat gizi yang dibutuhkan untuk untuk menjaga agar vitalitas tubuh tetap prima. Dalam buku Miracle of Enzyme bahkan disebutkan penambahan suplemen nutrisi mikro dapat meminimalkan timbulnya penyakit yang berhubungan dengan usia dan membantu penyembuhan penyakit. Suplemen jika dikonsumsi dengan dosis tepat dan tidak berlebih sebenarnya dapat membantu meningkatkan kesehatan terutama fungsi saluran pencernaan anda. Jadi tidak alasan untuk berpantang untuk  mengkonsumsi suplemen.

 

“Repair  Your Machine”  with Sun Hope

 

                Lengkapi zat gizi harian anda dengan produk-produk berkualitas dari Sun Hope yang dapat meningkatkan kesehatan dan fungsi saluran pencernaan anda.

 

Saccharomyces cerevisiae  Enzymes

                Saccharomyces cerevisiae adalah produk khamir dan enzim pencernaan makanan dari tumbuhan kecambah terpilih dan berkualitas tinggi.  Saccharomyces cerevisiae enzymes termasuk dalam golongan khamir dan dikenal sebagai super jamur karena manfaatnya yang begitu besar. Tahukah anda jika sebenarnya tubuh manusia terdiri dari lebih dari 5.000 jenis enzim yang vital??. Jika kadarnya berkurang karena terlalu borosnya anda dalam “menggunakan” enzim  akibat pola makan dan gaya hidup anda yang salah maka kesehatan anda menjadi taruhannya. Saccharomyces cerevisiae adalah solusi tepat untuk meningkatkan fungsi dan kadar enzim terutama enzim pencernaan anda. Saccharomyces cerevisiae Enzymes mengandung asam amino yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh yang sangat baik untuk proses detoksifikasi, regenerasi sel, penting dalam proses oksidasi biologis, pernafasan dan metabolisme energi. Selain itu, Saccharomyces cerevisiae enzymes juga bermanfaat  untuk membantu metabolisme lemak, mengaktifkan neurontransmitter di otak dan sebagai pelengkap vitamin dan mineral harian anda. Jangan lupa konsumsi  1 sachet setiap hari untuk keberlanjutan hidup (enzim) anda.

 

Probiotik

                Probiotik mengandung bukan hanya 1 jenis bakteri baik tetapi kombinasi dari 6 jenis bakteri baik berkualitas tinggi dengan kandungan lebih 10 milyar bakteri baik yang juga mengandung EPA dan DHA!. Bukan hanya berfungsi baik untuk saluran pencernaan, 6 bakteri probiotik yang terkandung dalam Sun Hope Probiotic juga dapat merangsang penyerapan mineral seperti besi, kalsium, magnesium dan seng, mencegah infeksi jamur termasuk infeksi jamur, infeksi kemih, kolesterol yang tinggi kerusakan gigi, diare serta dapat meningkatkan nilai gizi makanan dengan memproduksi vitamin melalui sintesis enzim pencernaan seperti fosfatase kasein atau lisozim.  Jadi dapat anda bayangkan besarnya manfaat probiotic untuk kesehatan saluran pencernaan anda dan keluarga hanya dengan rutin mengkonsumsi 3 sachet per hari saja.

 

Herbal Essence

                Terbuat dari ekstrak teh oolong dan 6 herbal organik alami yang akan kaya antioksidan poliphenol flavonoid yang merupakan agen detoksifikasi yang kuat. Tak hanya baik  untuk saluran pencernaan, herbal essence juga sangat baik untuk membantu kerja enzim super oksida dismutase (SOD), menurunkan tingkat plasma glukosa pada penderita diabetes mellitus tipe 2 serta baik untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Karena  antioksidan yang banyak terkandung di dalam teh dapat membuat pembuluh darah lentur sehingga aliran darah menjadi lebih lancar. Konsumsi 1 sachet herbal essence setiap hari adalah cara mudah menikmati hidup untuk sehat.

                Jaga dan rawat “mesin” tubuh anda dari sekarang. Memasukan makanan yang salah sama artinya dengan merusaknya dengan sengaja. Sehat atau sakit adalah pilihan dan andalah yang menentukan.  Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *