4 cara merawat sendi di musim dingin

Betapa pentingnya peran sendi dalam hidup kita dan sudah sewajarnya untuk menjaga kesehatan sendi mulai saat ini agar dapat terus berfungsi dengan baik. Sendi merupakan perhubungan antar tulang sehingga tulang dapat digerakkan. Fungsi utamanya yaitu memberikan fleksibilitas, membantu Anda bergerak dan sebagai poros anggota gerak. Tanpa persendian kita tidak mungkin dapat melakukan berbagai pergerakan. Setiap kerusakan pada sendi akibat penyakit atau cedera dapat mengganggu gerakan Anda dan menyebabkan banyak rasa sakit.

Nyeri sendi merupakan gejala dari suatu penyakit atau kondisi medis, seperti radang sendi (artritis) dan peradangan  pada bantalan sendi atau bursa (bursitis). Tingkat keparahannya bisa ringan sampai berat. Nyeri sendi mungkin hilang setelah beberapa minggu  atau bisa berlangsung selama beberapa bulan. Nyeri jangka pendek dan pembengkakan pada persendian tentunya bisa mempengaruhi kualitas hidup Anda. Beberapa cara dapat Anda lakukan untuk mengatasi nyeri sendi seperti pengobatan, terapi fisik, atau perawatan alternatif. Berikut tips yang juga bisa Anda perhatikan untuk membantu mengatasi masalah sendi.

  1. Istirahatkan sendi yang bermasalah

Sebagian besar kasus nyeri sendi ringan dapat diatasi dirumah. Istirahatkan sendi yang bermasalah dan hindari aktivitas yang bisa menyebabkan nyeri. Penyebab nyeri sendi yang paling umum yaitu karena cedera. Apabila sakitnya masih ringan bisa diatasi dirumah dengan banyak istirahat agar tidak memperparah cedera atau peradangan yang sudah terjadi. Anda juga bisa mengoleskan es pada sendi selama 15-20 menit beberapa kali setiap hari, dan lindungi sendi Anda dengan penyangga.

  • Perhatikan makanan yang dikonsumsi

Untuk meredakan peradangan dan nyeri pada persendian Anda juga perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Makanan, rempah-rempah dan suplemen tertentu dapat membantu mengurangi nyeri sendi dan menjaga kesehatan sendi. Diet untuk nyeri sendi termasuk makanan yang mengandung nutrisi untuk pembentukan tulang dan penguat jaringan ikat. Konsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega 3 dan memiliki kandungan antioksidan tinggi. Makanan dengan kandungan asam lemak omega 3 seperti ikan salmon, sayuran berdaun hijau (kangkung, sawi, brokoli) dan buah-buahan seperti buah jeruk, blueberry, tomat, strawberry, dan raspberry.

  • Hindari penggunaan obat sembarangan

Anda perlu menemui dokter jika nyeri sendi disertai dengan pembengkakan, kemerahan, deformitas sendi, ketidakmampuan menggunakan sendi dan nyeri yang hebat. Untuk meredakan nyeri sendi sedang hingga berat dengan pembengkakan, obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) yang dijual bebas atau diresepkan seperti aspirin, celecoxib, ibuprofen, atau naproxen.  Jika rasa sakitnya sangat parah sehingga NSAID tidak cukup efektif, dokter mungkin akan meresepkan obat opioid yang lebih kuat. Obat ini bisa menyebabkan kantuk dan sembelit sehingga hanya boleh digunakan dibawah perawatan dokter. Selain itu adapula obat topical yang bisa dioleskan pada sendi yang bermasalah. Gunakan obat topical berupa krim yang mengandung capsaicin. Capsaicin dapat memblokir zat yang membantu mengirimkan sinyal rasa sakit dan memicu pelepasan bahan kimia dalam tubuh yang disebut endorphin.

  • Konsumsi  rutin Gamasea

Jika perlu Anda bisa mengonsumsi suplemen seperti glukosamin dan kondroitin.  Salah satu biota laut yang mengandung kondroitin sulfat tinggi adalah Gamat. Gamat Emas juga mengandung Gamapeptide yang bermanfaat untuk mencegah peradangan, mempercepat penyembuhan luka, meregenerasi sel atau jaringan yang rusak, mengurangi rasa sakit dan memelihara sirkulasi darah. Sun Hope Gamasea adalah kapsul yang terbuat dari 100% ekstrak gamat emas (Stichopus horrens). Dapatkan manfaat ekstrak gamat emas dalam Sun Hope Gamasea untuk membantu menjaga kesehatan sendi Anda.

Sumber:

Joint pain. (2021). Retrieved 02 December 2021, from https://www.mayoclinic.org/symptoms/joint-pain/basics/when-to-see-doctor/sym-20050668

The Best Food to Help Relieve Your Joint Pain. (2020). Retrieved 02 December 2021, from https://health.clevelandclinic.org/the-best-food-to-help-relieve-your-joint-pain/

Watson S. (2021). Joint Paint. Retrieved 02 December 2021, from https://www.webmd.com/pain-management/guide/joint-pain