Kode Etik

KODE ETIK KEANGGOTAAN

BAB I

KETENTUAN UMUM

Pasal 1

Ketentuan Umum

Dalam peraturan ini yang dimaksud dengan :

  1. Perusahaan adalah SUN HOPE NUTRISI didirikan berdasarkan Hukum Republik Indonesia atau dikenal dengan nama “SUN HOPE”
  2. Produk adalah, semua jenis barang dagangan yang dijual oleh perusahaan secara ekslusif dengan system penjualan langsung.
  3. Mitra adalah Penjual Langsung orang perorangan yang tercatat secara sah pada perusahaan sebagai anggota dan memiliki kartu keanggotaan guna melakukan kegiatan pemasaran penjualan langsung SUN HOPE , dan bukan merupakan bagian dari organisasi perusahaan atau tidak mempunyai hubungan ketenagakerjaan dengan perusahaan.
  4. Kode etik berarti peraturan ini, adalah suatu tatanan aturan yang mengikat dan menjadi pedoman bagi mitra dalam menjalankan usaha SUN HOPE sejak mitra tersebut tercatat secara resmi sebagai mitra SUN HOPE .
  5. Masa keaktifan adalah suatu masa yang ditentukan oleh perusahaan dimana calon mitra akan mendapatkan haknya atas ikut sertaan menjadi keanggotaan perusahaan berupa memperoleh Produk, Komisi maupun Fasilitas dari perusahaan dengan syarat dan ketentuan berlaku.
  6. Sponsor adalah mitra yang memperkenalkan usaha SUN HOPE kepada calon mitra dan kemudian secara resmi menjadi mitra SUN HOPE.
  7. Jaringan keanggotaan adalah semua mitra yang menjalankan usaha SUN HOPE dan dalam kelompok mitra yang bersangkutan.
  8. Konsumen adalah, orang yang belum mitra pemakai produk dan pembeli akhir dari produk SUN HOPE  dengan tujuan dipakai sendiri.
  9. Upline adalah garis sponsorisasi mitra keatas.
  10. Downline adalah garis sponsor MITRA dibawahnya dan seterusnya ke bawah.
  11. Rekening bank adalah nomor akun mitra pada bank yang harus dicantumkan/disebutkan didalam formulir Pendaftaran mitra dan akan dipergunakan sebagai sarana pembayaran komisi.
  12. User ID mitra adalah Username yang diberikan oleh perusahaan kepada mitra sebagai tanda pengenal dan bukti bahwa mitra resmi tercatat pada perusahaan, dan dapat digunakan untuk masuk pada Website Sistem perusahaan
  13. Formulir permohonan mitra adalah, lembar kertas kolom isian yang disediakan oleh perusahaan pada Website Sistem perusahaan yang diisi secara lengkap dan benar oleh calon mitra sebelum diterima sah sebagai mitra.
  14. Garis sponsorisasi adalah urutan naik terdiri dari mitra, sponsor atau up line dari mitra, sponsor atau uplinenya lagi dan seterusnya.
  15. Komisi adalah suatu nilai rupiah tertentu yang diberikan oleh perusahaan kepada mitra sesuai ketentuan marketing plan.
  16. Staterkit adalah paket panduan yang diberikan oleh perusahaan kepada mitra baru yang berisi ketentuan –ketentuan penjualan langsung SUN HOPE.
  17. Pewaris adalah mitra SUN HOPE yang meninggal dunia.
  18. Ahli waris adalah, anak, istri atau ahli waris mitra lainnya yang berhak atas warisan keanggotaannya SUN HOPE.
  19. Warisan adalah keanggotaan SUN HOPE  yang selama ini dijalankan oleh mitra SUN HOPE  yang meninggal dunia kemudian dapat diserahkan kepada ahli warisnya.
  20. Stockist adalah mitra usaha dari SUN HOPE NUTRISI yang telah memenuhi syarat dan bersedia mengembangkan bisnis, pembinaan, Memberikan pelayanan distribusi produk dari perusahaan kepada para mitra.
  21. Hukum yang berlaku adalah Hukum Republik Indonesia.

BAB II

PERATURAN KEANGGOTAAN

Pasal 2

Tata cara menjadi MITRA

    1. Setiap orang tanpa membedakan suku, ras, agama, jenis kelamin mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi MITRA SUN HOPE NUTRISI sepanjang memenuhi persyaratan-persyaratan yang ditetapkan oleh perusahaan.
    2. Syarat-syarat untuk menjadi seorang MITRA harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
      1. Harus disponsori oleh seorang MITRA.
      2. Berusia minimal 18 tahun dan memiliki KTP.
      3. Tidak sedang dijatuhi hukuman dalam kasus perkara pidana.
      4. Warga Negara Indonesia
      5. Melampirkan foto copy KTP.
      6. Mengisi Formulir Pendaftaran MITRA.
      7. Membayar uang pendaftran Rp 100.000,- mendapatkan
        1. User ID dan Password
        2. Starter kit yang berisi Marketing Plan, Kode Etik, Formulir Pendaftaran MITRA
      8. Dengan mengisi Formulir Permohonan keanggotaan oleh calon MITRA atau MITRA berarti ia bertanggungjawab atas kebenaran isi data diri dan keterangan yang tercantum.

     

    1. Sejak mengisi Formulir Pendaftaran MITRA dan menyetujui persyaratan dan ketentuan berlaku bagi calon MITRA dan atau MITRA berarti ia mengikatkan diri dan menundukkan diri terhadap semua ketentuan Kode Etik dan ketentuan-ketentuan lainnya yang akan ditetapkan oleh perusahaan tanpa diperlukan lagi perjanjian lainnya.
    2. MITRA SUN HOPE merupakan mitra mandiri perusahaan dan bukan karyawan.

     

    1. Semua data MITRA yang diterima perusahaan akan menjadi milik perusahaan sepenuhnya sehingga perusahaan tidak mempunyai kewajiban apapun terhadap MITRA atau pihak manapun didalam menggunakan data diri tersebut.
    2. Perusahaan hanya mengakui alamat MITRA sesuai alamat yang tercantum pada formulir Pendaftaran MITRA,kecuali terdapat perubahan alamat yang disahkan oleh perusahaan.
    3. Semua pembayaran transaksi MITRA kepada SUN HOPE dinyatakan sah apabila dilakukan melalui transfer ke Rekening PT. SUN HOPE NUTRISI (atas nama PT. SUN HOPE NUTRISI) yang telah ditentukan. Pembayaran yang dilakukan tidak memenuhi ketentuan diatas adalah tidak sah dan SUN HOPE NUTRISI tidak bertanggung jawab.

    Pasal 3

    Keanggotaan

    1. Keanggotaan MITRA berlaku setahun, dan dapat perbaharui secara otomatis dengan belanja 500.000,- setiap tahunnya. Bila tidak melakukan perpanjangan, maka keanggotaannya menjadi gugur,
    2. Calon MITRA adalah bukan MITRA dan baru sah menjadi MITRA setelah mengisi Formulir Pendaftaran MITRA dengan memenuhi semua persyaratan dan ketentuan yang berlaku menurut perusahaan sehingga diterima pendaftarannya dan disahkan oleh perusahaan.
    3. Seorang MITRA hanya diijinkan memiliki satu nomor keanggotaan Apabila ditemukan pendaftaran ganda, Perusahaan akan membatalkan nomor keanggotaan MITRA yang terakhir.
    4. Perusahaan dapat sewaktu-waktu memanggil MITRA tanpa diwakilkan agar datang kekantor perusahaan guna membuktikan data MITRA dan bila perusahaan menilai keanggotaan tersebut fiktif maka perusahaan tanpa menunggu pertimbangan dari pihak manapun sewaktu-waktu dapat membatalkan keanggotaan tersebut tanpa kompensasi apapun.
    5. Perusahaan Memberikan kesempatan untuk MITRA yang keanggotaannya telah gugur atau telah mengundurkan diri dan berminat bergabung kembali untuk mengisi formulir anggota baru dengan memenuhi syarat yang di tentukan di BAB II Pasal 2. Bila akan bergabung dengan Sponsor yang berbeda dengan Sponsor yang lama, maka harus melalui tenggang waktu 6 bulan

    Pasal 4

    MASA TENGGANG ((cooling of periode).

    Perusahaan Memberikan tenggang waktu selama 10 (sepuluh) hari kerja kepada calon MITRA  untuk memutuskan menjadi MITRA  atau membatalkan pendaftaran dengan mengembalikan alat bantu penjualan (starter kit) yang telah diperoleh dalam keadaan seperti semula

    Pasal 5

    JAMINAN PEMBELIAN KEMBALI (Buy Back Guarantee)

    Seorang MITRA yang mengundurkan diri atau diberhentikan oleh Perusahaan, dapat mengembalikan sisa produk yang belum terjual kepada Perusahaan dalam kondisi baik dan layak jual termasuk bahan-bahan promosi, alat bantu penjualan, dan Perusahaan akan membeli produk tersebut dipotong biaya administrasi 10 % dari harga pembelian bersih, dan dipotong juga setiap manfaat/bonus yang telah diterima oleh MITRA berkaitan dengan pembelian produk yang akan dikembalikan dengan syarat dan ketentuan dari perusahaan seperti bukti invoice pembelian.

    Pasal 6

              Pensponsoran MITRA Baru

     

    1. Seorang MITRA mempunyai hak yang sama dalam melakukan pensponsoran calon MITRA.
    2. Dalam melakukan pensponsoran,MITRA harus memperhatikan peraturan Kode Etik ini serta kaidah-kaidah yang berlaku dalam lingkungan SUN HOPE NUTRISI.
    3. Dalam melakukan pensponsoran, MITRA hanya diperbolehkan melakukan pengiklanan dan promosi sesuai dengan ketentuan yang telah digariskan oleh perusahaan, diluar dari ketentuan tersebut yang menimbulkan segala resiko tidak menjadi tanggung jawab perusahaan.
    4. Penjualan keanggotaan, ganti nama kepemilikan keanggotaan, penggabungan keanggotaan antara MITRA tidak diperkenankan.
    5. MITRA yang melakukan pensponsoran dilarang memberikan keterangan yang menyesatkan kepada calon MITRA.
    6. MITRA yang melakukan pensponsoran wajib melakukan pembinaan, pelatihan, motivasi dan penjelasan yang benar terhadap MITRA yang disponsori.

BAB III

HAK DAN KEWAJIBAN PERUSAHAAN

Pasal 7

 Hak Perusahaan

    1. Perusahaan berhak menjalankan usaha sesuai dengan izin yang telah di terbitkan oleh pemerintah.
    2. Perusahaan berhak menjalankan, menegakkan, mengatur Program Pemasaran Perusahaan dan Kode Etik.
    3. Perusahaan mempunyai hak untuk menerima dan atau menolak setiap permohonan keanggotaan sebagai MITRA dengan menjelaskan alasan penolakannya.
    4. Perusahaan mempunyai hak setiap saat untuk menyetujui atau tidak menyetujui permohonan-permohonan yang diajukan oleh
    5. Perusahaan dapat membatasi penjualan produk kepada seorang MITRA atau sekelompok MITRA bila ternyata ada indikasi penyalahgunaan prinsip-prinsip penjualan yang telah ditetapkan oleh perusahaan.
    6. Perusahaan berhak untuk merubah, menambah peraturan yang tertera pada Kode Etik, Peraturan dan Tata Tertib Perusahaan dengan persetujuan Kementerian Perdagangan dan Institusi terkait lainnya. Dan disosialisasikan kepada MITRA 30 hari sebelumnya
    7. Perusahaan berhak untuk merubah, menambah atau mencabut hal-hal yang berkaitan dengan barang, baik kemasan, formula, harga, kualitas dan kuantitas barang dalam rangka mengikuti, menyesuaikan dengan Peraturan terkait Penjualan Langsung dengan persetujuan dari Kementrian Perdagangan dan akan disosialisasikan kepada Mitra 30 hari sebelumnya.

    Pasal 8

    Kewajiban Perusahaan 

    1. Menjalankan roda usaha sesuai dengan Kode Etik, Peraturan dan Tata Tertib Perusahaan dan budaya perusahaan.
    2. Menyediakan Program Pemasaran dan Barang yang dijual sesuai dengan yang dijanjikan dan izin dari pemerintah.
    3. Perusahaan wajib menjamin membayar komisi, bonus sesuai dengan Marketing Plan.
    4. Memberikan pelayanan kepada para MITRA dan konsumen sesuai dengan Kode Etik, Peraturan dan Tata Tertib serta Budaya Perusahaan.
    5. Menjaga suasana kondusif usaha dengan menegakkan Kode Etik, Peraturan dan Tata Tertib Perusahaan.
    6. Mengedukasi Konsumen dan MITRA dengan informasi-informasi yang benar.
    7. Memberikan Pelatihan dan Pembinaan kepada Mitra.

BAB IV

HAK dan KEWAJIBAN MITRA dan LARANGAN-LARANGAN

Pasal 9

Hak dan Kewajiban MITRA

Hak MITRA

  1. MITRA berhak atas persamaan perlakuan bagi sesama MITRA sesuai tingkatan
  2. MITRA berhak menentukan kepada siapa dan dengan siapa dirinya melakukan aktivitas keanggotaannya.
  3. MITRA berhak mendapatkan produk yang berkualitas baik dari perusahaan.
  4. MITRA berhak mendapatkan imbalan financial berupa komisi dari perusahaan atas
    aktivitas keanggotaannya sesuai ketentuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan.
  5. MITRA berhak mendapatkan penjelasan dan informasi yang memadai dari perusahaan mengenai rencana kompensasi/marketing plan.
  6. MITRA berhak mendapatkan penjelasan dan informasi yang memadai dari perusahaan mengenai produk SUN HOPE NUTRISI.
  7. MITRA berhak mendapatkan pelatihan,bimbingan, pengarahan tentang penjualan langsung SUN HOPE NUTRISI  baik dari perusahaan maupun dari Up line / sponsornya sesuai BAB VIII

Kewajiban MITRA

  1. MITRA bertanggungjawab atas segala akibat yang timbul dalam melakukan aktivitas keanggotaan yang dilakukan menyimpang dari aturan yang ditentukan oleh perusahaan.
  2. MITRA wajib melakukan pembinaan, pelatihan dan motivasi bagi MITRA yang disponsorinya menurut cara-cara yang tidak bertentangan dengan kaidah-kaidah yang digariskan oleh perusahaan.
  3. MITRA wajib memberikan tanda bukti pembayaran kepada konsumen pada saat
    menjual produk.
  4. MITRA wajib memahami dan mematuhi semua peraturan yang dikeluarkan oleh
    perusahaan SUN HOPE NUTRISI.
  5. MITRA wajib bertingkah laku sopan, simpatik, jujur dalam melakukan aktivitas
  6. MITRA wajib memahami dan mematuhi semua peraturan dan dilarang mempengaruhi/membujuk calon/MITRA milik MITRA lainnya bergabung ke dalam jaringannya atau kedalam MITRA turunan dibawah jaringannya. Sanksi atas pelanggaran ini yaitu BAB IX pasal 18 poin 4  Pemberhentian atau pengakhiran keanggotaan tanpa kompensasi apapun.
  7. MITRA wajib memahami rencana kompensasi/marketing plan.
  8. Semua MITRA wajib menjaga nama baik SUN HOPE NUTRISI. MITRA dilarang mengajak/mempengaruhi MITRA lainnya menjalankan MLM lain, sanksi atas pelanggaran ini yaitu BAB IX pasal 18 poin 4 Pemberhentian atau pengakhiran keanggotaan tanpa kompensasi apapun.

Pasal 10

Larangan-larangan

  1. MITRA dilarang mengklaim dirinya atau suatu kelompok MITRA tertentu menguasai atau mempunyai wilayah penjualan secara monopoli.
  2. MITRA dilarang untuk bertindak untuk dan atas nama perusahaan,mewakili perusahaan melakukan pengikatan hukum dengan pihak lain atau mewakili seolah-olah dirinya adalah wakil dari perusahaan.
  3. MITRA dilarang membuat alat bantu apapun baik berupa gambar, visual, alat peraga, apapun dalam melakukan aktivitas keanggotaan tanpa ijin tertulis dari perusahaan.
  4. MITRA dilarang menjual atau mengedarkan produk yang tidak layak pakai.
  5. MITRA dilarang mendekati, mempengaruhi, mengajak MITRA orang lain untuk pindah ke pohon jaringannya, atau memasang ID ke pohon jaringan orang lain. Sanksi atas pelanggaran ini adalah BAB IX pasal 16 poin 4  Pemberhentian atau pengakhiran keanggotaan tanpa kompensasi apapun.
  6. MITRA dilarang mengubah, merusak, mengurangi baik sebagian atau seluruhnya atas kemasan,stiker,logo,lambang,bentuk,brosur-brosur, alat bantu usaha lainnya yang telah secara resmi ditetapkan oleh perusahaan.
  7. MITRA dilarang melakukan penjualan produk dibawah harga yang telah ditetapkan oleh perusahaan.
  8. MITRA dilarang menjual produk SUN HOPE NUTRISI dibawah harga yang ditetapkan oleh perusahaan, sanksi atas pelanggaran ini adalah BAB IX pasal 16 poin 4  Pemberhentian atau pengakhiran keanggotaan tanpa kompensasi apapun.
  9. Tanpa ijin tertulis terlebih dahulu dari perusahaan,MITRA dilarang menggunakan nama dagang, desain, logo SUN HOPE NUTRISI  baik sebagian maupun menyeluruh.
  10. MITRA dilarang mempengaruhi MITRA dari jaringan lain untuk masuk kedalam satu jaringan keanggotaan tertentu.
  11. Dalam melakukan aktivitas keanggotaan,MITRA dilarang melakukan tindakan mencela, menghina atau mengancam MITRA lain.
  12. MITRA dilarang melakukan kegiatan ekspor/impor produk SUN HOPE NUTRISI ke suatu negara tertentu maupun dari negara tertentu.
  13. Mitra dilarang memajang dan menjual produk SUN HOPE NUTRISI ditoko dan tempat penjualan umum
  14. Mitra dilarang menjual produk SUN HOPE NUTRISI secara online melalui market place, seperti Toko Pedia, Bukalapak , Lazada dll

BAB V

PEMBELIAN PRODUK, PENJUALAN PRODUK, JAMINAN KEPUASAN

Pasal 11

Pembelian Produk

  1. Untuk Pembelian Produk, maka atas permintaan MITRA, Perusahaan dapat mengirimkan Produk kealamat MITRA, dan biaya dibebankan kepada MITRA
  2. Delivery Guarantee adalah Perusahaan Memberikan jaminan bahwa barang yang di beli oleh MITRA/calon MITRA apabila dalam pengiriman terjadi kerusakan/cacat ataupun barang tidak diterima dengan baik oleh pembeli, maka akan di ganti dengan barang yang utuh sesuai dengan orderan MITRA/calon MITRA yang bersangkutan serta menanggung seluruh biaya pengiriman.
  3. Pembelian produk dapat dilakukan secara tunai / debit card / credit card   .
  4. Perusahaan tidak bertanggungjawab atas pembelian produk diluar tempat-tempat yang telah ditetapkan oleh perusahaan (untuk menghindari adanya pemalsuan produk oleh pihak yang tidak bertanggungjawab).
  5. Tiap-tiap MITRA berhak atas kesamaan harga produk yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

Pasal 12

Penjualan Produk

  1. Harga jual produk ditetapkan oleh perusahaan.
  2. Dalam melakukan penjualan produk, MITRA dilarang Memberikan penjelasan yang menyimpang atau melebih-lebihkan atas produk selain yang ditetapkan oleh perusahaan.
  3. Penjualan produk SUN HOPE NUTRISI bersifat ekslusif dengan cara penjualan langsung / Direct Selling, penjualan selain dengan cara ini dilarang.

Pasal 13

Jaminan Kepuasan (customer satisfaction guarantee)

 Setiap produk SUN HOPE NUTRISI memiliki jaminan kepuasan pelanggan yaitu pengembalian produk yang telah dibeli MITRA maupun konsumen apabila manfaat produk tidak sesuai seperti yang telah dijelaskan dalam jangka waktu 7 (tujuh hari) dari tanggal pembelian. Produk yang dikembalikan minimal tersisa 50%

  1. Memberi kompensasi berupa ganti rugi dan/atau penggantian atas kerugian akibat penggunaan, pemakaian, dan pemanfaatan barang dan/atau jasa yang diperdagangkan, akibat kesalahan perusahaan yang dibuktikan dengan perjanjian.
  2. Jaminan ini tidak berlaku untuk produk yang dirusak dengan sengaja, disalahgunakan atau disimpan di tempat yang salah (tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku seperti menyimpan produk di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung). 

BAB VI

PEWARISAN KEANGGOTAAN

Pasal 14

Pewarisan Keanggotaan

    1. Bila MITRA meninggal dunia, maka keanggotaannya dapat diwariskan kepada ahli waris yang ditentukan pada saat pengisian formulir pendaftaran MITRA.
    2. Kematian MITRA harus diberitahukan secara tertulis oleh ahli warisnya kepada perusahaan langsung ke kantor pusat
    3. Apabila terjadi sengketa oleh pihak lain perihal kewarisan ini maka PERUSAHAAN akan mengikuti keputusan akhir dari pengadilan. Selama dalam proses penyelesaian sengketa tersebut keanggotaan akan ditangguhkan sementara sampai mendapat keputusan hukum yang tetap dan bonusnya akan Akan diberikan dikemudian hari kepada ahli waris yang sah menurut pengadilan.

    Ahli waris yang akan menggantikan posisi MITRA yang meninggal,maka dirinya harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan perusahaan,antara lain :

    1. Ahli waris tidak terdaftar sebagai MITRA SUN HOPE NUTRISI
    2. Melampirkan bukti surat kematian
    3. Melampirkan surat keterangan ahli waris dari kelurahan setempat.
    4. Melampirkan pernyataan dari ahli waris yang lain bila ada,yang isinya berupa
      persetujuan pewarisan keanggotaan tersebut.
    5. Melampirkan foto copy kartu keluarga.

 BAB VII. BONUS DAN PAJAK

Pasal 15

Pembayaran Bonus

 

  1. Bonus dan Pengertiannya
  • Mitra yang berhak mendapatkan bonus adalah Mitra aktif.(melakukan Open Point)

2. Peringkat hanya digunakan untuk pengakuan, bukan untuk perhitungan bonus.

  • Member akumulasi pairing bonus 0 – 99 diakumulasi tampa batas waktu.
  • Director akumulasi pairing bonus 100 – 374 diakumulasi tampa batas waktu.
  • Silver akumulasi pairing bonus 375 – 749 diakumulasi tampa batas waktu.
  • Gold akumulasi pairing bonus 750 – 2249 diakumulasi tampa batas waktu.
  • Diamond akumulasi pairing bonus 2250 – 4499 diakumulasi tampa batas waktu.
  • Crown akumulasi pairing bonus 4500 – 8999 diakumulasi tampa batas waktu.
  • Majestic akumulasi pairing bonus 9000 -35999 diakumulasi tampa batas waktu.
  • Royal akumulasi pairing bonus 36000 dst diakumulasi tampa batas waktu.

3. BONUS DAN RINCIANNYA

  • Bonus Sponsoran adalah 6,67 % dari belanja awal sebesar Rp.1.500.000,-
  • Bonus Pairing sebesar 11,46 % setiap terjadi nya pasangan.
  • Bonus Matching adalah bonus yang diterima sebesar 100% dari bonus pairing downline yang disponsori.
  1. Semua pembelanjaan dan performa mitra usaha akan diperhitungkan dalam perhitungan bonus.
  2. Bonus akan dibayarkan kepada mitra usaha dalam bentuk transfer, melalui bank yang ditunjuk oleh perusahaan.
  3. Semua biaya yang dibebankan oleh bank terhadap pengiriman bonus menjadi beban dan tanggung jawab mitra usaha yang bersangkutan, dimana biaya tersebut akan dipotong langsung dari bonus.
  4. Mitra usaha diharuskan memeriksa bonus statement yang diterimanya dan segera melapor ke perusahaan dalam waktu 7 (tujuh) hari dari tanggal dikeluarkannya bonus statement bila ada ketidak jelasan.
  5. Perusahaan berhak memotong saldo dari bonus atau intensif mitra jika yang bersangkutan mempunyai kewajiban untuk menyelesaikan pembayaran dengan Perusahaan
  6. Perusahaan mempunyai hak untuk menghentikan bonus seorang mitra usaha yang telah mengundurkan diri atau diberhentikan oleh Perusahaan, bonus tersisa sebelum member mengundurkan diri tetap dibayarkan.
  7. Minimum besarnya bonus yang di transfer adalah Rp. 5000,-
  8. Bonus akan ditransfer 1 hari setelah perhitungan bonus dilakukan oleh Perusahaan

Pasal 16

Pajak

  1. Penerimaan Bonus oleh mitra usaha dikenakan pajak mengikuti ketentuan perpajakan yang berlaku di Indonesia, dimana setiap mitra usaha yang mendapatkan bonus akan langsung dipotong pajak penghasilan (PPh) sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku.
  2. Bukti Potong Pajak akan diberikan kepada MITRA yang bersangkutan
  3. Segala kewajiban perpajakan dari seorang mitra usaha menjadi beban dari tanggung jawab mitra usaha yang bersangkutan. 

BAB VIII

PELATIHAN DAN PEMBINAAN

Pasal 17

Pelatihan Dan Pembinaan

  1. PELATIHAN

Perusahaan akan memberikan pelatihan kepada MITRA, agar mengetahui dengan jelas mengenai Produk yang dipasarkan, dan cara menjalankan usaha

  1. Perusahaan menyediakan Customer Service untuk Penjelasan Produk setiap saat di Kantor pada jam kerja
  2. Perusahaan menyelenggarakan training produk seminggu sekali
  3. Setiap Mitra diwajibkan mampu menjelaskan manfaat Produk sesuai dengan arahan Perusahaan dan tidak melakukan overklaim
  4. Open Plan Presentation (OPP) Bisnis SUN HOPE NUTRISI seminggu sekali
  5. NDO (New Distributor Orientation) MITRA baru sebulan sekali
  6. NDT (New Distributor Training) MITRA baru sebulan sekali.

2. PEMBINAAN

Perusahaan akan melakukan pembinaan dalam membangun karakter Mitra yang tangguh, berperilaku baik dan bertanggung jawab, untuk membangun usaha bersama dengan cara menyelenggarakan :

  1. Basic Training
  2. Training Presenter
  3. Training For Trainer
  4. Motivation Day
  5. Interpreunership Seminar 3 bulan sekali
  6. ICP (Intensive Class Program) 6 bulan sekali

BAB IX

PELANGGARAN, PENGADUAN, SANKSI

Pasal 18

Pelanggaran, Pengaduan dan Sanksi

  1. Setiap pelanggaran atas ketentuan Kode Etik ini dapat mengakibatkan pengakhiran keanggotaan.
  2. Setiap MITRA berhak mengadukan segala tindakan MITRA lain yang menyimpang dari ketentuan yang digariskan oleh perusahaan dengan melampirkan :
    1. Data si pelaku (username/nama lengkap)
    2. Uraian singkat yang ditandatangani oleh pelapor tanda tangan diatas materai 6000
    3. Identitas diri pelapor (bila dikehendaki dapat dirahasiakan)
  3. Perusahaan dapat sewaktu-waktu melakukan pemeriksaan terhadap pelaku yang diduga
    melakukan pelanggaran.
  4. Penyelesaian dari perusahaan hanya meliputi penyelesaian administrasi keanggotaan
    keanggotaan sedangkan menyangkut upaya hukum secara pidana maupun perdata
    terhadap si pelaku pelanggaran adalah diluar kewenangan perusahaan.

Sanksi atas pelanggaran adalah :

4.1.  Teguran secara lisan dan atau tulisan.

4.2.  Skorsing berupa pelarangan melakukan aktivitas keanggotaan dalam jangka waktu 1 sampai dengan 3 bulan yang  ditentukan oleh perusahaan.

4.3.  Penangguhan komisi untuk jangka waktu 1 sampai dengan 3 bulan  dan perusahaan tidak berkewajiban mengganti rugi dalam bentuk apapun.

4.4.  Pemberhentian atau pengakhiran keanggotaan tanpa kompensasi apapun.

  1. Pemberian sanksi dilakukan oleh Direktur Perusahaan atau oleh Departemen Legal dan dapat dilakukan tidak berdasarkan urutan diatas, namun dapat dilakukan sesuai kondisi saat itu.

PASAL 19

PENYELESAIAN PERSELISIHAN

 

  1. Apabila terjadi perselisihan antara MITRA dengan Perusahaan, akan diselesaikan secara musyawarah. Apabila upaya penyelesaian perselisihan melalui musyawarah tidak berhasil, maka perselisihan akan diselesaikan melalui Pengadilan Negri Jakarta Selatan

BAB X

STOKIST

Pasal 20

Stockist 

  1. Persyaratan menjadi Stokist adalah sebagai berikut:
  2. Pemohon Stokist adalah anggota PT. SUN HOPE NUTRISI dengan kualifikasi minimal Peringkat Diamond
  3. Mengisi Form Permohonan Menjadi Stockist SUN HOPE NUTRISI
  4. Bersedia di lakukan survey(Jika di perlukan) atau wawancara baik secara tatap muka atau telephone dari perusahaan.
  5. Bersedia mematuhi Kode Etik Perusahaan dan peraturan stokist dari perusahaan. Dan siap diberi teguran atau sanksi apabila melanggar aturan.
  6. Bersedia memberikan layanan kepada semua member walaupun bukam jaringannya.
  7. Pemohon adalah Member yang telah meraih minimal peringkat Diamond
  8. Tidak sedang atau akan menjadi Stokist untuk perusahaan sejenis lainnya.
  9. Memiliki lokasi dan fasilitas tempat yang representatif
  10. Menyediakan meja dan rak-rak display untuk produk-produk PT. SUN HOPE NUTRISI, dan bersedia memberikan layanan administrasi dan penjualan kepada semua anggota.
  11. Mempunyai team yang bekerja secara penuh untuk menjaga dan menjalankan layanan harian stokist.
  12. Siap melayani komplain produk dan layanan
  13. Harus memiliki ruangan presentasi yang bisa menampung sekitar 10-20 orang untuk presentasi harian.
  14. Menyediakan Laptop, LCD, dan saranan Presentasi.
  15. Bersedia dilibatkan oleh perusahaan dalam acara-acara resmi perusahaan di wilayahnya.
  16. Besaran deposit awal sebagai Stokis adalah Rp. 150.000.000,- (Seratus lima puluh juta rupiah) minimal.
  17. Keuntungan menjadi Stokist :
  18. Mendapatkan pembinaan khusus dari perusahaan dalam acara tahunan khusus stokist. (semua pembinaan tahunan dengan akomodasi di tanggung perusahaan).
  19. Mendapatkan bantuan alat peraga baik brosur, pamflet, flyer, form kwitansi standar dari perusahaan secara berkala.
  20. Mendapatkan sampel-sampel produk secara gratis jika ke depan ada tambahan produk-produk baru.
  21. Mendapatkan informasi lebih awal tentang perkembangan perusahaan.
  22. Mendapatkan Kompensasi biaya gudang dan distribusi Stokis sebesar 3 % dari omset bulanan,